Pages

Jumat, 03 November 2017

Mengapa Junk Food berbahaya ?

 

Junk food merupakan makanan cepat saji yang sedang marak dan merajalela di kalangan masyarakat dunia saat ini. Entah dari orang remaja, dewasa, tua, bahkan anak-anak sekalipun, semuanya menyukai junk food. Selain enak, makanan ini sangat menghemat waktu penikmatnya karena dalam proses pembuatannya yang begitu cepat atau instan. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa makanan ini mengganggu kesehatan tubuh.
Dalam poster yang berjudul “Kempen berhenti makan JUNK FOOD” milik Salwa Saleh yang berbahasa melayu, memiliki arti yaitu kampanye berhenti makan junk food. Didalam poster ini memberikan 3 pengertian mengenai junk food yaitu makanan ringan, makanan segera, makanan diproses. Ketiga pengertian itu menurut saya benar, karena ketiganya adalah ciri-ciri dari junk food.
Selain itu, poin penting dari poster ini terdapat pada pertanyaan “Kenapa makanan ini amat merbahaya?” yang berarti “Mengapakah makanan ini sangat berbahaya?”. Pertanyaan itupun yang sering muncul dalam benak orang-orang yang belum mengerti betul mengenai kandungan dari junk food. Mereka biasanya tidak percaya bahwa junk itu berbahaya sehingga mereka mempertanyakan penyebab adanya kandungan hal-hal yang berbahaya dalam junk food.
Di bagian bawah poster terdapat jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu ada 5 hal yang terkandung dalam junk food yang merusak kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Kandungan tersebut yaitu :
1.      MSG
MSG ini seringkali membuat seseorang menjadi ketagihan (ingin makan makanan itu kembali), gangguan jaringan otak, gangguan pencernaan, bahkan sampai mengakibatkan penyakit kanker, dan penyakit yang lainnya.
2.      Lemak tinggi
Lemak yang berlebih di dalam tubuh seseorang dapat mengakibatkan orang tersebut kegemukan. Hal lain yang terjadi yaitu mengganggu daya konsentrasi dan juga mempengaruhi fungsi otak.
3.      Pengawet
Pengawet yang ada dalam junk food menyebabkan hal yang negatif juga bagi tubuh, diantaranya menjadi penyebab utama obesitas dan juga mengganggu organ internal tubuh atau organ-organ yang ada di dalam tubuh.
4.    Kalori tinggi
Kalori yang tinggi dalam junk food menjadi risiko yang besar kepada penyakit serangan jantung, obesitas (kelebihan berat badan), dan darah tinggi.
5.      Sintetik
Bahan sintetis yang ada di dalam junk food penuh dengan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan kanker

Poster ini begitu jelas dalam menyajikan bahaya junk food yang biasanya tidak diketahui orang lain. Sehingga pengamat posterpun dapat memahaminya dengan cepat. Dalam kalimat terakhir di dalam poster mengatakan bahwa “Kita mampu mengubahnya. Jom amalkan pemakanan sihat,” yang memiliki arti bahwa kita semua mampu untuk mengubah kebiasaan buruk mengkonsumsi junk food  dengan cara melakukan pola makan yang sehat.
Jadi yuk sama-sama kita hindari junk food dengan mengatur pola makan yang sehat. AYO SEHAT BERSAMA!
 
DAFTAR PUSTAKA

https://halosehat.com/farmasi/kimia/bahaya-msg  diakses pada tanggal 2 November 2017 pukul 22.54

 

1 komentar: